Rahasia Dibalik Penemuan Telepon

gambar telepon, rahasia dibalik penemuan telepon

Di zaman sekarang telekomunikasi telah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh manusia di dunia. Canggihnya teknologi membuat orang bisa berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya bermil-mil dengan sebuah alat yang dinamakan Telepon. Hampir semua orang telah mengetahui penemu telepon genngam, Alexander Gramham Bell.

Tapi ternyata ada sebuah rahasia dibalik penemuan Bell. Sejarah yang telah ditulis ulang mengatakan bahwa Bell bukan sang penemu asli dari Telepon. Sang penemu utama atau orang yang pertam kali menemukan telepon adalah seorang berkebangsaan Italia lahir di San Frediano tanggal 13 April 1808, Antonio Santi Giuseppe Meucci. Pria tersebut menemukan telepon pada tahun 1849. pada tahun 1850 Meucci pindah ke New York, Amerika. Kepindahannya ke New York membuat keluarganya jatuh miskin. Bahkan istrinya rela menjual beberapa penemuan penting Meucci dengan harga 6 dollar untuk membeli obat karena saat itu Meucci sedang jatuh sakit. Saat pria tersebut telah sembuh, ia mencoba membuat kembali penemuannya dan terus menyempurnakan penemuannya itu.

Karena tidak memiliki cukup uang untuk mematenkan penemuannya dia hanya memetenkan penemuannya sementara. jangka waktu paten yang dia daftarkan hanya untuk satu tahun lalu dia harus mendaftarkan penemuannya kembali. Untuk lebih jauh penemuannya Meucci mencari penyandang dana dan dia pergi ke perusahaan Telegraf Western Union. Segala kelengkapan dan model kasar telepon dia bawa ke Western Union untuk mendemonstrasikan penemuannya itu

Edward B. Grant sang wakil pimpinan perusahaan hanya menyuruh Meucci menunggu dan menungu, hingga dua tahun menunggu Meucci memutuskan mengambil kembali penemuannya. Tapi jawaban yang terima mengatakan bahwa peralatan penemuaanya telah hilang. Lima tahun kemudian tepatnya tahun 1879 datanglah berita bahwa Alexander Graham Bell telah menemukan alat yang disebut telepon. Mendengar berita Meucci tidak terima dan memanggil pengacara untuk menggugat tempat dia mematenkan penemuannya. Dalam kasus tersebut Meucci kalah. dan Alexander Graham Bell dinyatakan sebagai penemu telepon.

Beberapa tahun kemudian saat terjadi konflik antara Bell dan pihak Western Union barulah rahasia ini terbongkar. Terbukti Bell telah menyuap pihak Western Union dengan 20 persen hak royalti dari penggunaan telepon secara komersial selama 17 tahun. Lebih dari seabad hampir semua orang mengetahui Alexander Graham Bell sang penemu telepon tetapi dua belas tahun lalu tanggal 11 Juni di kongres Amerika Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

 

Untik melihat gambar-gambar telepon klasik pada jaman dahulu. klik di sini